Jakarta, 17 Desember 2020

Tahun 2020 menjadi catatan luar biasa dalam sejarah umat manusia. Pandemi Covid-19 telah membuat tatanan kehidupan umat manusia di muka bumi menjadi berubah, termasuk dunia musik.

Beragam adaptasi penuh warna dilakukan semua pihak untuk bisa tetap bertahan dengan ide, kreasi dan gagasan inovatif yang selama ini belum pernah dilakukan. Itu pula yang dilakukan oleh Sri Rossa Roslaina Handiyani, salah satu diva Asia yang memiliki jutaan penggemar utama yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, Brunei dan banyak negara lain.

Kehadiran Rossa dengan beragam hits terbaiknya seperti “Terlalu Cinta”, “Jangan Hilangkan Dia”, “Tegar”, “Aku Bukan Untukmu” dan paling baru single “Masih” di beragam layanan musik streaming selama tahun 2020 membuatnya berhasil meraih banyak prestasi memukau.

Jutaan angka streaming dan view telah mengantar Dato’ Sri Rossa begitu populer di layanan musik streaming terkemuka seperti Spotify, Joox, Apple Music, Langitmusik, Deezer dan menyusul Resso, satu grup dengan TikTok. Membuatnya melejit dengan banyak prestasi. Ini tentu saja berkat kerja keras dan cerdas Rossa yang mendapat dukungan penuh manajemen musiknya, Inspire Musik.

Rossa dalam catatan Spotify berhasil berada di 5 besar bersama Ariana Grande, Taylor Swift, NIKI dan Billie Eilish dengan predikat Indonesia’s Most Streamed Female Artist selama tahun 2020. Total streaming di Spotify sebanyak 114.9 juta streaming. Selain itu Rossa berada di No.1 sebagai The Most-Followed Indonesian Pop Female Artist dengan 1.9 juta follower di Spotify. Rossa juga meraih posisi No.1 Top Indonesian Artists of 2020 by Spotify.

Sebanyak 1.6 juta follower di layanan musik streaming Joox membuat Rossa mendapat predikat No.1 The Most-Followed Indonesian Female Artist, ini menjadikan Rossa jadi sosok musisi Indonesia pertama dengan prestasi ini.

Di tahun 2020 Rossa masih tetap produktif, salah satunya berkarya merilis lagu baru berjudul “Masih” yang ditulis Yovie Widianto dan Nino “RAN” pada 4 Maret 2020. Lagu yang rilis saat pandemi mulai menyebar ini mendapat respon bagus dengan berada di posisi 5 besar The 100 Best Songs of 2020 di Apple Music untuk Indonesian Artists All Genre.

Lewat Langitmusik dimana Rossa selama tahun 2020 juga bertindak menjadi host untuk salah satu program mereka, juga mendapat prestasi membanggakan. Meraih pretasi No.1 The Most-Followed Indonesian Female Artist All Genre. Komposisi “Masih” juga berada di puncak dengan lebih dari 3 juta streaming di layanan musik asli Indonesia ini.

“Ini menjadi berkah dan hikmah luar biasa buat Rossa di tahun 2020 ini. Saat pandemi masih bisa berkarya dan berbagi harmoni dengan penggemar Rossa semua. Terimakasih sudah menjadikan saya bagian hidup kalian. Sudah tertawa, menangis, merenung, melamun, mengenang dan melakukan hal lainnya dengan lagu-lagu saya.

Terimakasih untuk teman-teman musisi yang menciptakan karya indah untuk saya nyanyikan hingga bisa menembus batas sampai di penggemar dan mendapat prestasi di banyak layanan musik streaming,” ucap Rossa tentang catatan musiknya di tahun 2020.

Menutup tahun 2020 Rossa merilis musik video lagu “Masih” melibatkan Ki Do Hoon, salah satu artis dari SM Entertainment yang hingga saat ini sudah berhasil menembus angka 3 juta view dalam hitungan 3 minggu. Rossa tercatat menjadi artis Indonesia pertama yang berkolaborasi dengan penyanyi dan aktor terkemuka Korea.

Melihat prestasi yang telah dibukukan oleh Rossa diatas tentu bukan sesuatu yang mudah. Butuh komitmen, disiplin, kerja keras dan agenda promosi yang baik dan tepat sasar yang melibatkan banyak ide segar. Kehadiran Rossa di beragam acara dan program musik berkualitas juga menjadi salah satu langkah strategis dalam menyebarkan dan memberi efek lagu-lagu Rossa lewat layanan digital musik secara global. Rossa telah memberi teladan di tahun penuh tantangan ini, bagaimana pandemi tidak membuatnya menjadi berhenti berkarya. Malah gemilang dengan catatan prestasi. Panjang umur untuk semua hal baik yang akan terjadi di tahun depan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *